Translate

Selasa, 10 September 2013

Bagian-bagian mata dan fungsinya














Bagian luar mata terdiri atas:
a)     Alis mata, berguna untuk mencegah masuknya keringat ke dalam mata.
b)    Kelopak mata, terletak pada kelopak mata bagian atas. Kelenjar air mata selalu menghasilkan air mata yang berguna untuk membasahi kornea, melindungi mata dari kuman, dan menjaga bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.
c)     Bulu mata, berguna untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata apabila cahayanya terlalu kuat serta mencegah debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mata.
Bagian dalam mata terdiri atas:
a)     Kornea (selaput tanduk), yaitu selaput bening di bagian depan bola mata yang berguna untuk melewatkan cahaya yang masuk dari luar.
b)    Iris (selaput pelangi), adalah bagian mata yang mengandung zat mata (hitam, cokelat, hijau, atau biru). Iris berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya masuk ke mata .
c)     Pupil (anak mata), yaitu lubang pada bagian tengah iris. Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya menuju retina. Jika cahaya terlalu terang, maka pupil mengecil. Jika cahaya terlalu redup, maka pupil melebar.
d)    Lensa mata, dapat menjadi cembung atau pipih dan berfungsi mengatur bembentukan bayangan.
e)     Sklera (selaput keras), yaitu bagian terluar dari bola mata yang berguna untuk melindungi bagian dalam bola mata.
f)      Selaput koroid, yaitu bagian tengah bola mata yang berupa selaput tipis, di dalamnya terdapat banyak saluran darah.
g)     Retina (selaput jala), yaitu bagian terdalam bola mata yang berfungsi untuk menangkap bayangan.
h)    Bintik kuning, yaitu daerah yang sangat mudah menerima cahaya yang masuk.
i)       Titik buta adalah daerah visual di otak yang tidak mendapatkan informasi dari mata, yakni daerah yang berhubungan dengan kurangnya deteksi cahaya dari sel fotoreseptor dimana saraf optik melewati cakram optik pada retina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar